Visi dan Misi

Visi
Visi adalah gambaran atau pandangan tentang masa depan yang diinginkan. Dalam konteks perencanaan, visi merupakan rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan. Sebuah visi diperlukan untuk menjadi pegangan dalam menghadapi masa depan. Dengan visi, gerak antisifatif dan inovatif organisasi diarahkan agar tetap fokus dan konsisten menuju rumusan harapan yang diinginkan di masa depan.

Pembangunan Kabupaten Pulang Pisau ke depan bersandar pada visi: “Terwujudnya Masyarakat Pulang Pisau Yang Damai, Maju, Berkeadilan dan Sejahtera”.

Visi disusun dengan mempertimbangkan sintesa antara potensi dan kekuatan realistik yang dimiliki dengan permasalahan, tantangan, serta keterbatasan yang dihadapi dan memperhatikan kesesuaiannya dengan kecenderungan pertumbuhan daerah. Visi tersebut juga disusun dengan memperhatikan kesesuaiannya dengan fungsi dan peran daerah dalam kerangka pembangunan wilayah. Di dalam fungsinya kegiatan-kegiatan yang dibangun untuk mewujudkan visi sehingga dapat menggerakkan dinamika internal daerah secara efektif dan pada gilirannya memberikan pengaruh yang positif dalam mendukung kemajuan daerah dalam bingkai wilayah yang lebih luas. Selain itu secara praktis visi haruslah mencerminkan kondisi realistis, dapat dicapai, dan terukur.

Berdasarkan pendekatan di atas, Visi Dinas Pendidikan Kabupaten Pulang Pisau dalam pembangunan bidang pendidikan di wilayah Kabupaten Pulang Pisau dituangkan ke dalam rumusan sebagai berikut:

“TERWUJUDNYA PENDIDIKAN YANG MAMPU MEMBANGUN INSAN KABUPATEN PULANG PISAU CERDAS, BERKARAKTER DAN BERMARTABAT”

Yang dimaksud dengan insan cerdas adalah insanyang cerdas secara spiritual, emosional, sosial, intelektual. Unggul dan gandrung akan keunggulan, Sedangkan berkarakter menurut kamus lengkap bahasa Indonesia adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain, atau mempunyai kepribadian.  Sedangkan bermartabat mengandung makna yang berahlak mulia, sopan santun, disiplin dan beradab serta berbudaya tinggi, kreatif dan sadar hukum (civilizedsociety), dimana insan tersebut dalam menghadapi berbagai permasalahan baik yang rumit maupun yang mudah selalu dihadapi dengan sopan santun dan beradab serta dalam mencari jalan keluar melalui musyawarah dan berkepribadian mandiri bersemangat juang tinggi bersahabat dengan perubahan dan menjadi agen perubahan, inovatif dan produktif serta mampu bersaing.

Misi
Misi adalah tindakan yang seharusnya ditempuh atau dilakukan untuk mewujudkan atau merealisasikan visi. Dengan demikian, berdasarkan visi Dinas Pendidikan Kabupaten Pulang Pisau yang juga sejalan dengan misi Kemdiknas 5 K, maka misi Dinas Pendidikan Kabupaten Pulang Pisau adalah sebagai berikut :

Misi SKPD Dinas Pendidikan Kabupaten Pulang Pisau:
1. Meningkatkan ketersediaan sarana prasarana pendidikan yang sesuai dengan perkembangan teknologi;
2. Meningkatkan kualitas/mutu pendidikan formal dan non formal;
3. Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan;
4. Meningkatkan kepastian/keterjaminan memperoleh layanan pendidikan;
5. Meningkatkan kualitas manajemen layanan pendidikan.